Pentingnya Kualitas Data Sebagai Acuan Penentu Kebijakan

Surabaya – Pentingnya data dan informasi sebagai basis dalam perencanaan pembangunan tertuang pada UU No.25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dimana secara khusus disebutkan bahwa untuk merencanakan pembangunan diperlukan dan informasi yang akuran dan dapat dipertanggungjawabkan. Permasalahan yang saat ini dhadapi pemerintah, khususnya Kementrian Kelautan dan Perikanan adalah terjadi perbedaan data yang disajikan dari instansi-instansi terkait.

Berdasar hal tersebut, maka Kementrian Kelautan dan Perikanan pada tanggal 25 Juni 2015 mengadakan “Pertemuan Peningkatan Kualitas data Eksport dan Import Hasil Perikanan dan Monitoring Data Eksport Berbasis Laboratorium (DEL) berlokasi di PPMJP Surabaya, yang dibuka langsung oleh Dirjen P2HP dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini mengundang instansi pemerintah yang terkait seperti Badan Pusat Statistik, Balai KIPM, PPMHP Surabaya, dan para pelaku usaha ekspor impor hasil perikanan.

Ketersediaan data ekspor dan impor hasil perikanan menjadi hal yang sangat strategis yang mana tidak hanya untuk mendukung kepentingan atau atau kebijakan pusat saja namun dibutuhkan juga untuk menyusun arah kebijakan daerah. Dengan adanya pertemuan tersebut maka pemerintah berharap ada sinkronisasi data ekpor dan impor yang terjadi di Indonesia, serta diharapkan data yang disajikan nantinya bersifat Nasional, dapat diakses oleh daerah dalam arti masing-masing provinsi dapat memantau perkembangan eksport baik nasional maupun provinsi lain, namun data yang disajikan tetap dapat menjaga rahasia eksport impor masing-masing perusahaan. Serta masyarakat juga dapat mengetahui perkembangan ekspor perikanan Indonesia.