Ramadhan Hingga Lebaran, Perhari Butuh 31.000 Ton Ikan

Jakarta (TROBOS.COM). Dirjen Pengolahan dan Pemasaran hasil Perikanan Saut P Hutagalung menyatakan kebutuhan ikan selama bulan puasa tahun ini 1,1 juta ton. “Di data kami, pasokan 1,25 juta ton tahun ini. Itu artinya pasokannya lebih tinggi dari kebutuhan,” tegasnya acara buka puasa bersama dengan media mengenai ketersediaan pasokan ikan selama ramadhan di lobby GMB III Kantor KKP, Jakarta, Senin, (6/7).

Siaran resmi KKP menyebutkan dalam kondisi normal, perkiraan kebutuhan ikan nasional per hari sebesar 26.000 ton. Namun selama ramadhan, kebutuhan ikan per hari meningkat menjadi sebesar 31.000 ton per hari atau meningkat sekitar 20 persen.

Secara umum, Saut menguraikan, pasokan ikan saat ini di beberapa kota besar cukup aman termasuk di kota-kota besar yang bukan produsen utama ikan seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Pasokan ikan diperkirakan aman mengingat tidak terdapat faktor yang dapat mengganggu produksi seperti gelombang besar, banjir atau penyakit seperti yang terjadi tahun 2014. Istimewa / Nuruddin

(15-7-2015)