Permohonan Informasi

Alur permohonan informasi
Alur permohonan informasi

MEKANISME PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK :

  1. Pemohon Informasi Publik mengajukan permintaan informasi kepada Badan Publik, baik langsung, secara lisan,maupun melalu surat atau surat elektronik (email) Permintaan juga dapat dilakukan melalui telpon.
  2. Pemohon informasi harus menyebutkan nama, alamat, subyek/jenis yang diminta , bentuk informasi yang diminta dan cara penyampaian informasi yang diinginkan
  3. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada Badan Publik mencatat semua yang disebutkan oleh pemohon informasi.
  4. Pemohon Informasi harus meminta tanda bukti kepada PPID dI Badan Publik, bahwa telah melakukan permintaan informasi, serta nomor pendaftaran permintaan.

PROSEDUR PENYELESAIAN PERMOHONAN :

  1. Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohona informasi publiK dilakukan setelah pemohon informasi publiK memenuhi persyaratan yang telah ditentukan;
  2. Waktu penyelesian dilakasanakanpaling lambat 10 (sepuluh) hari (sepuluh) hari kerja sejak idak serditerimanya permintaan, Pejabat Pengelola Informasi dan dokumentasi (PPID) akan menyampaiakan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak serta PPID dapat memeperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja.
  3. Penyampaian /pendistribusian/penyerahan informasi public kepada pemohon informasi public public dapat dilakukan secara langsung,melalui email, fax atau pun jasa pos
  4. Jika permohonan informasi diterima maka dalam surat pemberitahuan juga dicantumkan materi informasi yang diberikan, format informasi,apakah dalam bentuk soft copy atau hard copy/data tertulis serta beban biaya apabila dibutuhkan untuk keperluan penggandaan atau perekaman.Bila permintaan informasi di tolak maka dalam surat pemberitahuan dicantumkan alas an penolakan berdsarkan UU KIP
  5. PPID Pembantu Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur yang akan menolak memberikan Informasi Informasi publik yang baik sesuai dg ketentuan peraturan perundang-undangan,dengan prosedur sebagai berikut :
  • PPID Pembantu Dinas Perikanan dan Kelauatan Provinsi Jawa Timur mempersiapkan daftar pemohon dan/atau pengguna informasi yang akan di tolak
  • PPID Pembantu Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur mengadakan rapat koordinasi dengan melibatkan anggota PPID Pembantu Dinas Perikanan dan Kelauatan Provinsi Jawa Timur paling lambat 3 (tiga) hari kerja setelah surat permohonan diterima PPID Pembantu Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur
  • Hasil Keputusan rapat koordinasi dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh seluruh peserta rapat
  • Hasil keputusan rapat didokumentasikan dengan baik.

WAKTU PELAYANAN INFORMASI :

Dalam memberikan layanan Informasi kepada pemohon informasi, PPID Pembantu menetapkan waktu pemberian Pelayanan Informasi Publik.Di Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur, penyelenggaraan pelayanan informasi publik dilaksanakan pada hari kerja Senin sampai dengan Jumat dengan jadwal sebagai berikut :

Senin – Kamis : 09.00 – 15.00 WIB
Istirahat        : 12.00 – 13.00 WIB
Jumat           : 09.00 – 14.00 WIB
Istirahat        : 11.00 – 13.00 WIB

MEJA/DESK INFORMASI PUBLIK :

Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna informasi publik, pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi melalui desk layanan informasi public melakukan layanan langsung dan layanan melaluoi media antara lain menggunakan telepon, faksimile, sms, email dan website.

JENIS – JENIS INFORMASI :

  1. Informasi Berkala
  2. Informasi Serta Merta
  3. Informasi Setiap Saat