Kelembagaan

  • PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) adalah pejabat yang bertanggungjawab di Bidang penyimpanan, pendokumentasian,penyediaan dan/garing pelayanan informasi di badan Publik.
  • PPID Pembantu adalah pejabat yang melakasanakan tugas dan fungsi sebagai PPID pada SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
  • PPID Pembantu Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur ditetapkan dengan Keputusan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur.

Struktur/Bagan Organisasi PPID Pembantu Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur sebagai berikut :

Bagan Struktur Organisasi PPID

Bagan Struktur Organisasi PPID

Ketua PPID Pembantu
Tugas :
Merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan satuan kerja.

Fungsi :
1. Mengelola dan melayani informasi publik serta dokumentasi di satuan kerjanya;
2. Pengolahan, penataan dan penyimpanan data dan/atau informasi publik yang di peroleh di satuan kerjanya;
3. Penyeleksian dan pengujian data dan/atau informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualikan dari informasi yang di buka untuk publik yang ditetapkan oleh Pejabat yang berwenang;
4. Pengujian aksesibilitas atas suatu informasi publik;
5. Penyelesaian sengketa pelayanan informasi;
6. Pelaksanaan koordinasi dengan PPID Utama/Provinsi dalam pengelolaan dan pelayanan informasi publik serta dokumentasi.

Sekretaris
Tugas :
Merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan, mengkonsolidasikan dan mengendalikan pengumpulan informasi, pendokumentasian informasi dan pelayanan informasi yang menjadi kewenangan satuan kerja.

Fungsi :
1. Pelaksanaan korrdinasi penyusunan program pengelolaan informasi dan dokumentasi;
2. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas bidang-bidang;
3. Pelaksanaan koordinasi dan konsolidasi dalam rangka pengumpulan informasi dan dokumentasi;
4. Pelaksanaan administrasi pelayanan informasi dan dokumentasi;
5. Pelaksanaan koordinasi dalam rangka penyediaan dan pelayanan informasi publik melalui media cetak atau online;
6. Pelaksanaan koordinasi dalam rangka pemberian pelayanan informasi dan dokumentasi;
7. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan pengelolaan informasi dan dokumentasi;
8. Untuk melaksanakan tugas dan fungsinya, Sekretaris di bantu oleh Sekretariat.

Sekretariat
Uraian Tugas :
1. Melaksanakan perencanaan penyusunan program pengelolaan informasi dan dokumentasi;
2. Melaksanakan koordinasi dan konsolidasi dalam rangka pengumpulan informasi dan dokumentasi;
3. Melaksanakan administrasi dalam rangka penyediaan pelayanan informasi dan dokumentasi;
4. Melaksanakan monitoriang, evaluasi dan pelaporan kegiatan pelayanan informasi.

Bidang Pelayanan dan Dokumentasi Informasi
Tugas :
Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan/atau memberikan pelayanan informasi kepada publik

Fungsi :
1. Pelaksanaan perencanaan program di bidang Pelayanan dan Dokumentasi Informasi;
2. Pelaksanaan pelayanan informasi dan dokumentasi;
3. Pengelolaan dan pengembangan di bidang informasi dan dokumentasi publik;
4. Pengelolaan sistem informasi dan dokumentasi;
5. Penyediaan informasi dan dokumentasi dalam rangka pelayanan informasi publik;
6. Penyimpanan serta pemeliharaan dokumentasi dan informasi publik;
7. Untuk melaksanakan tugas dan fungsinya, Bidang Pelayanan dan Dokumentasi Informasi di bantu oleh Pengelola Publikasi.

Bidang Pengolah data dan Klasifikasi Informasi
Tugas :
Mengolah dan memberikan pelayanan konsultasi klasifikasi informasi dan dokumentasi

Fungsi :
1. Pelaksanaan perencanaan program di Bdiang Pengolah Data dan Klasifikasi Informasi;
2. Pelaksanaan konsultasi klasifikasi informasi publik;
3. Inventarisasi pengklasifikasian informasi dan dokumentasi;
4. Perumusan informasi yang dikecualikan;
5. Perumusan informasi yang dikecualikan yang telah habis jangka waktu pengecualiannya;
6. Penyusunan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan dalam rangka memenuhi permohonan informasi;
7. Untuk melaksanakan tugas dan fungsinya, Bidang Pengolah Data dan Klasifikasi di bantu oleh Pengelola data.

Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi
Tugas :
Melaksanakan advokasi penyelesaian sengketa informasi publik

Fungsi :
1. Pelaksanaan perencanaan program Bidang Penyelesaian sengketa Informasi;
2. Pelaksanaan koordinasi dalam rangka penanganan penyelesaian sengketa informasi;
3. Pelaksanaan verifikasi, laporan dan rekomendasi atas pengaduan atau sengketa informasi;
4. Pelaksanaan advokasi penyelesaian sengketa informasi